Profil Pengguna Internet Indonesia 2017

Sejak pemerintah Indonesia mengembangkan infrastruktur internet pada tahun 1980an, jumlah pengguna internet terus meningkat. Hingga tahun 2013 terdapat 71.19 juta pengguna internet di Indonesia. Dengan jumlah tersebut, penetrasi internet di Indonesia tahun 2013 adalah sebesar 28%.

Walaupun angkat penetrasi terus mengalami peningkatan, namun pengguna internet di Indonesia tidak merata secara geografis. Pengguna internet di Indonesia paling banyak ada di Indonesia bagian Barat, yakni di pulau Jawa (terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya), Bali dan Sumatera. Penetrasinya mencapai 36.9% dari total penduduk di pulau Jawa. Selain itu, sekitar 83.4% pengguna intenet di Indonesia berdomisili di wilayah urban (Indonesia Netizen Survey, Markplus 2013).

Berdasarkan usia pengguna, mayoritas pengguna internet di Indonesia berusia 18-25 tahun, yaitu sebesar hampir setengah dari total jumlah pengguna internet di Indonesia (49%). Artinya, dapat dikatakan bahwa segmen pengguna internet di Indonesia adalah mereka yang termasuk ke dalam kategori “digital natives”. Digital natives adalah generasi yang lahir setelah tahun 1980, ketika tehnologi jejaring sosial digital seperti Usenet dan buletin board system lahir.

Terkait dengan teknologi berbasis internet, 85% dari total pengguna internet di Indonesia mengakses internet dengan menggunakan mobile phone. Sementara bila dilihat dari kategori usia, mobile phone paling tinggi digunakan oleh mereka yang berusia 18-25 tahun. Sebanyak 60% pengguna internet dari kategori usia ini meakses internet dari telpon selular.

Hal ini dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk mengetahui demografi hingga kebiasaan konsumen ketika menggunakan internet. Penasaran bagaimana profil lengkap pengguna Internet di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *