Yuk, Kenali Karakter Pembeli Onilne Kamu

Bukan rahasia lagi bahwa layanan yang baik membuat pembeli akan kembali berbelanja di onlineshop Anda. Itu artinya Anda harus tahu bagaimana cara menghadapi setiap pembeli yang datang ke onlineshop Anda. Tidak sedikit para pelaku usaha onlineshop mengira dalam menarik pembeli online atau melayaninya dengan taktik yang sama, padahal faktanya tidak ada di dunia ini ada dua pembeli yang sama.

Berbicara pelayanan tentu tidak lepas dari cara dan menyelami karakter pembeli online itu sendiri. Tapi bukan hal yang sulit untuk bisa mengetahui atau mengidentifikasi karakter masing-masing pembeli online dengan cara menyimak artikel di bawah ini.

Sebenarnya ada banyak tipe pembeli online berdasarkan atas karakter personalitasnya, bahkan bisa mencapai ratusan. Namun seperti yang dilansir situs sweettoothrewards, berikut ini adalah 5 tipe pembeli online yang paling umum terjadi saat berbelanja di onlineshop.

1. Si Sensitif Harga

Ciri-cirinya:
Fokus utamanya adalah harga
Sang eksplorator multi-situs/ onlineshop untuk bisa mendapatkan harga yang pantas
Selalu diluar dugaan.
Kemungkinan besar pembeli dari onlineshop adalah pembeli tipikal sensitive terhadap harga. Mereka selalu berbelanja dengan negosiasi alot agar mendapatkan harga yang menurut mereka pantas. Bahkan selalu menawar dengan harga sangat rendah sekalipun.

How to:
Anda bisa mengatasi si tipikal ini dengan cara mengalihkan perhatiannya terhadap harga pada hal lain seperti penjelasan kualitas produk, atau Anda dapat meningkatkan nilai yang ditawarkannya tanpa mengurangi harga utama. Selain itu sesering mungkin Anda mendeskripsikan manfaat dari produk yang Anda jual agar bisa mengalikan fokusnya terhadap harga.

Trik :
Pada dasarnya, Si Sensitif Harga ini tidak selalu berharap mendapatkan harga terendah, mereka hanya ingin mendapatkan harga yang pantas menurut mereka. Anda bisa menggunakan jurus produk bundle sebagai opsi memangkas tawaran harga atau menawarkan diskon dan paket promo.

2. Si Sensitif ‘Kualitas Produk’

Ciri-cirinya :
Mahir sekali mencermati brand dan kualitasnya
Si pembanding ulung mengenai produk, karena sebelumnya telaah kualitas produk dengan explorasi multi situs / onlineshop
Paling takut membuat keputusan bila informasi produknya tidak lengkap
Pembeli dengn tipe ini akan sangat fokus melihat kualitas dan model-nya, mereka tidak terlalu peduli dengan harga. Mereka hanya ingin mendapatkan kualitas dan model produk yang cocok dengan kebutuhannya.

How to:
Anda punya kewajiban untuk membantu mereka mendapatkan produk yang cocok, maka Anda harus menguasai knowledge produk sehingga tidak salah kaprah dan mampu menangani negosiasinya, karena pada dasarnya pembeli dengan best product ini akan mencari tahu serta membandingkan produk dengan toko sebelah.

Cukup menyeramkan, ya. Tapi usah panik, Anda bisa mengatasi dan merayu pembeli tipe ini denga trik di bawah ini.

Trik:
Siap dan lengkap menyediakan produk. Pembeli tipe ini adalah pembeli cerdas, mereka membekali pengetahuan perihal produk yang akan mereka beli sebelum masuk ke onlineshop Anda. Dengan Anda menyediakan detail informasi yang lengkap mengenai produk yang dijual tentu akan sangat membantu mengimbangi pembeli tipe ini, apalagi jika Anda bisa menyelami kebutuhannya seperti menyarankan untuk memilih model baju atau celana yang sesuai dengan bentuk badan atau passionnya.

Jika cara tersebut berhasil maka Anda akan terhindar dari negosiasinya yang selalu membandingkan kualitas prosuk Anda dengan yang lainnya.

3.Pembeli ‘Updated’

Ciri-cirinya :
Selalu mencari produk terbaru
Sering sekali update
Selalu ingin tahu
Tipe pembeli ini sangat terobsesi dengan produk updated atau terbaru. Umumnya memiliki karakter fashionable atau trendi. Jika Anda mendapatkan pembeli dengan tipe ini, artinya Anda beruntung karena pembeli tipe ini sudah bisa menjadi pelanggan tetap Anda.

Trik :
Anda bisa memberikan pelayanan khusus dengan chit-chat secara privasi, Anda bisa memberikannya harga khusus atau diskon. Sesekali Anda bisa berpromosi kepada mereka secara privasi dengan range waktu yang berkala. Tapi jika promosi Anda terlalu sering maka dipastikan mereka akan sangat terganggu dan hengkang menjadi pembeli yang menyenangkan.

4. Pembeli ‘Butuh Mendesak’

Ciri-cirinya:
Mereka mencari produk karena butuh mendesak.
Sensitive terhadap waktu
Tipe pembeli yang mudah hilang.

How to:
Pembeli tipe ini berbelanja online karena sangat membutuhkan produknya. Biasanya mereka akan browsing untuk mendapatkan produk, di mesin google, atau istagram atau marketplacae. Saat menemukan toko Anda, pembeli tipe ini tidak akan membandingkan harga dan kualitas produk Anda. Mereka bisa dibilang pembeli yang paling menakjubkan tapi sayangnya mereka mudah hilang.

Trik:
Supaya pembeli tipe ini membeli produk Anda maka berikan pelayanan yang terbaik. Hindari respon atau layanan yang lambat karena mereka sangat sensitif terhadap waktu. Jika Anda lambat merespon/ melayaninya maka mereka akan pergi dalam hitungan detik dan mencari produk di tempat lain. Jadi, usahakan Anda selalu fast respon termasuk proses purchasing dan informasi pengiriman orderan.

5. Pembeli Berpengalaman

Ciri-cirinya:
Selalu ingin dilibatkan
Berbelanja hanya untuk tasted (mendapat pengalaman)
Ingin selalu merasa member eksklusif
Nah, tipikal yang tidak terlalu pusing memikirkan harga atau kualitas produk, mereka berbelanja semata-mata ingin merasakan pengalaman berbelanja online di toko Anda, karena menurutnya berbelanja online merupakan pengalaman yang unik.

Pembeli jenis ini akan jarang ditemui di onlineshop kecil, biasanya mereka akan banyak ditemukan di marketplace atau plantform e-commerce besar yang didalamnya memiliki sistem membership dan community. Program membership yang memiliki point, reward atau level berjenjang akan memberikan pengalaman menarik mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *