10 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Marketplace

Sudah tahu kan bahwa bisnis online merupakan peluang bisnis terbesar di tahun 2017? Onlineshop salah satunya, onlineshop merupakan usaha yang paling digemari beberapa tahun terakhir ini karena kemudahan dan prospeknya yang semakin tinggi. Semakin mudah dan menguntungkan? Ya, salah satunya karena factor berkembanganya marketplace yang memudahkan para pelaku usaha onlineshop bergerilya meningkatkan keuntungan bisnisnya. 5 Peluang Usaha di Tahun 2017

Marketplace di Indonesia berkembang signifikan, hal tersebut diperkuat dengan riset eMarketer bahwa Indonesia memiliki progress terbesar di Asia Pasifik hingga kini. Tentu saja ini menjadi peluang yang sangat baik bagi pelaku usaha onlineshop untuk berpromosi di marketplace. Berbeda dengan promosi menggunakan social media, orang-orang yang berkunjung belum tentu memiliki willing to buy (keinginan untuk membeli), sedangkan pengunjung marketplace biasanya adalah orang yang benar-benar membutuhkan barang dan ingin langsung membeli.

Ini lho alasan mengapa onlineshop Anda harus membuat toko di markeplace

1. Mudah dan Simple

Modal sangat minim, Anda hanya perlu TOC (Tap Or Click) saja untuk mendaftar menjadi user, setelah itu bangun toko secara gratis. Sebaliknya, jika Anda langsung membuka toko dan membuat website toko online sendiri, tentu hal tersebut membutuhkan banyak modal, seperti: membayar sewa server, jasa pembuana website, perawatan website, stok barang dan lain sebagainya. Namun dengan marketplace Anda bisa berjualan sangat mudah tanpa perlu repot memikirkan hal-hal tersebut.

2. Dunianya Penjual dan Pembeli

Semua orang yang berkunjung ke marketplace punya willing to buy dan willing to pay. Itu artinya, jika dibandingkan dengan semua orang yang berkunjung ke sosial media, sebagian besar dari pengguna sosial media hanya ingin bersosialisasi dan belum tentu punya niat untuk berbelanja. Jadi, jika Anda ingin segera mendapatkan penjualan perdana sangat efektif untuk mempunyai toko online di marketplace.

3. Fleksibel dan Terjamin

Tidak perlu testimony untuk meyakinkan calon pembeli, testimony memang penting untuk dikumpulkan, karena bagaimanapun kepercayaan tetap harus dibangun pada akhirnya. Bagi semua orang selalu ada permulaan, semua pedagang online punya pengalaman awal, dan semuanya tentu belum mendapatkan trust (kepercayaan pembeli). Namun dengan adanya marketplace Anda tidak perlu terlalu repot memikirkan itu, karena marketplace pada dasarnya adalah jaminan bagi pengunjung, dan mereka tidak akan ragu untuk membayar jika sudah merasa klop dengan salah satu produk yang ada di marketplace tersebut.

4. Fitur dan Paket Promo

Tidak perlu lagi mencari pembeli, ribuan bahkan jutaan pengunjung akan menjadi calon pembeli Anda di seluruh indonesia. Layaknya mall atau departemen store, marketplace-marketplace ini selau ramai pengunjung setiap harinya, bahkan di hari-hari tertentu website mereka mengalami yang namanya “keberatan pengunjung”. Jika di mall mall sering diadakan promo, discount, cashback, ataupun bonus pembelian, di marketplace pun juga terjadi. Jadi punya toko di marketplace sama bagusnya dengan punya toko di mall, bahkan Anda tidak perlu membuang-buang energi untuk menjaga toko seharian seperti di mall.

5. Sistem Hitung Otomatis

Marketplace memiliki sistem hitung harga otomatis, tak perlu repot-repot membuat harga produk sesuai tarif daerah tujuan pengiriman. Selain itu juga tersedia pilihan metode pembayaran yang beragam, Anda tinggal pilih mau menggunakan bank apa dan memilih metode pembayaran seperti apa. Bahkan Proses pencatatan jualan pun sudah otomatis tersimpan dalam histori penjualan. Beberapa marketplace juga menyediakan fasilitas data lengkap mengenai omzet penjualan dan data statistik penjualan.

6. Lintas Waktu dan Ruang

Dengan marketplace, Anda bisa berpromosi dan berhubungan dengan pembeli kapan saja tanpa mengenal waktu dan ruang. Anda bisa melakukan banyak hal sambil berjualan.

7. SEO Friendly

Tidak perlu repot mengurus soal SEO agar info produk Anda bisa terindek di halaman mesin pencarianGoogle, karena setiap marketplace punya tim handal mengurusi soal SEO.

8. Layanan Gratis

Siapa yang tidak suka dengan gratisan? Layanan marketplace pada umumnya gratis. Memang ada beberapa fitur berbayar tapi hal tersebut pun akan membantu meningkatkan penjualan produk Anda.

9. Sistem Reputasi

Hampir setiap marketplace memiliki sistem reputasi. Sistem ini bisa meningkatkan reputasi seller di mata pembeli. Pada dasarnya sistem reputasi juga bisa meningkatkan penjualan .

10. Rekening Bersama

Marketplace menggunakan sistem rekening bersama. Sistem ini akan menjamin keamanan antara penjual dan pembeli. Setiap terjadi pembayaran, pmbayaran tersebut masuk ke dalam rekening bersama kemudian akan dikirim ke rekening penjual.

Marketplace adalah pihak ketiga yang menyediakan lapak jual beli dan Anda tidak bisa menjamin atas keberlangsungan masa depannya. Keberlangsungan situs di luar jangkauan Anda selaku penjual atau member. Atas fenomena ini Anda harus pintar memilih marketplace yang terpercaya dengan reputasi yang baik dan prospeknya menjamin. Analoginya, marketplace ibarat mall yang isinya toko yang dikontrakan yang sewaktu-waktu bisa saja pengelola mall tersebut menutup mall-nya, namun website ibarat ruko milik sendiri yang bisa dikelola dan diurus sesuai dengan keinginan kita.

One thought on “10 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Marketplace

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *