Kiat Bisnis Dropship Bagi Pemula

Sebagai pemula, bisnis dropship pasti sukses jika Anda memperhatikan kiat-kiat berikut ini.

Jika Anda akan memulai bisnis dropship, sebaiknya perhatikan beberapa kiat agar bisnis dropship berjalan sukses. Nah, ada beberapa kiat yang Fecart siapkan untuk Anda.

Kiat ini dibagikan dari seorang pengusaha dropshipper yang berbagi pengalamannya menjalani bisnis dropship selama setahun. Dia sangat puas dan terbilang sukses dari usaha yang dilakoninya meski terbilang pemula di dunia bisnis online. Apa saja kiatnya? Yuk, kita intip.

Pilih supplier yang terpercaya

Saat ini penawaran supplier di media social terbilang sangat banyak, Anda tidak akan repot jika mengkualifikasi satu per satu untuk menemukan supplier yang terpercaya atau teruji, bahkan tidak sedikit supplier yang menawarkan janji manis tapi ternyata menipu. Beberepa tips untuk mengkualifikasinya:

Ketahui siapa pemilik bisnis tersebut, biasanya pemilik bisnis yang banyak menawarkan peluang dropship mudah diketahui siapa pemiliknya.
Lihat testimoni pelanggan terhadap penjualan dari supplier tersebut .
Cek seluruh sosial media dan website yang dimiliki
Cek fasilitas apa saja yang ditawarkan bagi para dropshipper. Supplier yang baik biasanya tidak akan membiarkan dropshippernya berjualan sendirian tanpa bimbingan. Mereka bahkan menawarkan support baik itu secara online dan offline.
Fecart merupakan supplier terpercaya yang berpusat di Bandung. Sebagai platform dropship terbesar di Indonesia, Fecart menawarkan banyak fasilitas yang memudahkan para dropshippernya dalam berjualan secara online maupun offline.

Pilih supplier yang menawarkan profit “besar”

Pilih produk yang margin penjualannya minimal 20 persen, karena itu adalah nilai umum dan pantas dalam bisnis dropship, memang tidak ada ukuran ideal mengenai margin profit ini tapi informasi ini akan sangat tepat, terlebih jika Anda seorang pemula di bisnis dropship. Jika Anda sudah mendapatkan celah dalam binis dropship, anda tentu bebas menentukan nilai margin dari penjualan.

Anda bebas menentukan margin keuntungan dari penjualan produk yang dijual dengan cara menjadi member dari Fecart, lho! Karena selain mencantumkan harga produk, member Fecart akan mendapatkan informasi harga mark up dan harga normal sehingga Anda tidak perlu bingung menentukan margin penjualan.

Pilihlah supplier yang merangkul dropshippernya

Tidak sedikit supplier yang hanya menyerahkan Anda sebuah katalog penjualan, setelah itu membiarkan Anda berjuang sendiri melakukan penjualan. Beruntung jika memang anda kebetulan seorang dropshipper handal tapi bagaiman jika dengan pemula dan baru memulai bisnis, tentu tidak sederhana kelihatannya, bukan?

Berbeda dengan supplier lainnya, Fecart adalah supplier yang merangkul dropshippernya. Fecart memiliki forum komunikasi dan program edukasi Tidak hanya memberikan sekedar katalog produk namun Fecart merangkul dan memberi edukasi para dropshipper hingga berhasil mendapatkan penjualan. Anda bisa memilih Fecart untuk jadi supplier tanpa harus bersusah payah mengkualifikasi supplier terpercaya. Fecart memiliki pusat layanan informasi yang disebut BANDIC (Fecart Information Centre) yang bisa Anda hubungi untuk konsultasi mengenai penjualan. Dan Anda bisa menghubungi CS Fecart jika membutuhkan bantuan seputar pemesanan barang dan lainnya.

Kuasai produk yang akan dijual

Salah satu kelemahan dropshipper adalah kurang menguasai seluk beluk produk yang dijual. Karenanya sebelum menjual, ada baiknya anda memiliki setidaknya masing-masing 1 produk contoh dari produk yang akan anda jual. Dengan memiliki contoh produk, anda tentu akan lebih percaya diri dalam memasarkan karena Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk dengan baik. Bila tidak memungkinkan memiliki contoh produk, pastikan anda menguasai detail produk tersebut. Jangan sungkan-sungkan bertanya kepada supplier terkait spesifikasi produk bila ada yang tidak anda pahami. Pastikan juga produk yang anda jual memang layak dijual dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Mengenai bagaimana Anda bisa menguasai detail produk, Fecart melampirkan detail produk di setiap item produk, ditunjang dengan menu product knowledge yang bisa Anda jadikan kamus dan referensi produk yang bisa Anda akses kapan saja. Pengetahuan Anda tentu akan bertambah dan semakin segar karena content blog Fecart menyajikan informasi, berita dan ispirasi untuk kebutuhan Anda berbisnis dropship.

Siapkan perangkat khusus toko online

Jadi dropshipper berarti membuka toko online sendiri. Itu artinya akun media socialnya harus terpisah dengan akun pribadi Anda. Dengan begitu anda akan fokus melayani customer anda secara profesonal. Beruntungnya saat ini industry marketplace Indonesia sedang berkembang baik sehingga memudahkan Anda berjualan online. Seberapa penting Anda harus membuat toko online di marketplace? Anda bisa baca artikel ini.

Fokus pada produk yang sejenis

Fokus dengan produk yang Anda jual. tidak sedikit dropshipper, yang berganti produk jualan karena merasa sudah berhasil berjualan dengan produk sebelumnya, secara tidak langsung hal tersebut membentuk imej pada diri Anda sebagai pembisnis yang tidak terpercaya. Ada kutipan tepat dalam hal ini, “Dropshipper yang hebat adalah dropshipper yang bertindak layaknya penjual biasa yang memiliki barang.”

Hal diatas tidaklah sulit jika Anda memilih Fecart sebagai supplier karena Fecart menyediakan menu produk ‘best seller’ yang bisa menjadi acuan produk yang bisa Anda jual. Selain itu, Fecart akan membuat dropshipper bisa bertindak layaknya penjual yang memiliki barang karena saat pengiriman barang ke tangan customer, logo yang tercantum di form pengiriman adalah logo toko Anda sendiri.

Nah, sekarang Anda sudah siap menjadi pengusaha dropshipper yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *