Dua Konsep Ini Bikin Website Toko Online Efektif

Pahami 2 konsep sebelum membuat website toko online yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam berjualan online.

Website toko online adalah salah satu keharusan dibuat bagi pelaku usaha jualan online. Terdapat 8 Manfaat Memiliki Website Toko Online yang bertumpu pada betapa pentingnya kebutuhan traffic pengunjung supaya produk Anda bisa dilihat dan akhirnya closing.

Idealnya, website seperti apa yang harus dibentuk agar sesuai dengan standar toko online. Menurut Sukarto Sudjono, pakar digital marketing, terdiri dari dua konsep website toko online yang bisa menjadi fondasi untuk membuat website toko online Anda yang disinyalir akan sangat efektif untuk mengembangkan bisnis jualan online dalam jangka panjang.

1. Website berbasis produk spesifik

Artinya membuat website toko online dengan format penjualan produk yang spesifik pada sebuah niche (kategori). Pointnya adalah dibuat sesederhana mungkin, mulai dari fokus dengan sedikit produk dan proses pembelian yang tidak komplek sehingga infrastruktur website toko online pun tidak perlu rumit dan canggih.

Pada prinsipnya website dengan konsep ini adalah start small, dari yang kecil kemudian akan mengembangkan lebih besar seiring dengan pemahaman, pembelajaran dan komitmen dari Anda pribadi.

Contoh:

Tidak sedikit orang memutuskan menamai domain website toko onlinenya dengan nama produk yang mereka jual, misalnya ‘sepatu keren’ , ‘toko jaket kulit’, ‘obat penumbuh rambut’, dan lain-lain.

Kelebihannya : Websitenya lebih mudah dibuat karena dalam pembuatan websitenya, cara ini akan lebih fokus kepada produknya, hanya perlu mengulik kelebihan dan semua hal mengenai produk tersebut saja.
Website produk spesifik memiliki konversi yang tinggi atau High Conversion Rate sehingga hanya membutuhkan sedikit pengunjung untuk bisa terjadi penjualan. Hal ini disebabkan karena website produk spesifik itu fokus ke produk terkait yang memang sedang dicari oleh pengunjung yang datang, jadi tidak terlalu banyak distraction yang menyebabkan orang menunda pembelian. Tentu saja ini dengan asumsi bentuk layout dan elemen-elemen penting untuk membuat high conversion ada di website Anda.
Lebih mudah dibuat ranking dan masuk ke halaman satu di Google. Sesuai dengan fungsinya, website dengan konsep produk spesifik merupakan langkah tepat sasaran karena terdapat hal-hal yang bisa diatur dan dioptimalkan di website produk spesifik sehingga lebih mudah untuk ranking dan masuk halaman satu di Google. Saat itu terjadi, Anda bisa dapat free traffic (trafik gratis) selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun ke depan.

Kekurangannya : Biasanya customer tidak tahu Anda menjual produk lain. Customer hanya lebih mengingat alamat domain karena Anda berjualan produk tersebut, contohnya : domain Anda dinamai sepatu keren, yang terekam di benak customer adalah mengira bahwa Anda hanya menjual sepatu, padahal Anda juga menjual aksesoris dan perlengkapan sepatu lainnya sehingga si customer akan mencari perlengkapannya di toko lain.
Customer tidak ingat alamat website produk Anda karena hanya ingat oriduk yang dibeli tapi tidak ingat alamat website dan sering kali si konsumen sulit berkunjung kembali ke website Anda.
Tidak membangun brand untuk berkembang dan populer, padahal branding sangat efektif untuk jangka panjang. Branding atau merk akan lebih mudah diingat dan dikenal.
Kewalahan karena repot memelihara banyak website, dengan cara ini Anda diharuskan membuat website pada setiap produk yang Anda jual.

2. Website Berbasis Brand

Artinya menggunakan nama brand untuk nama domain website toko online sendiri. Efeknya akan membuat brand Anda menjadi diingat oleh orang lain dan populer.

Salah satu cirinya adalah menjual muti produk seperti halnya lazada yang menjual beragam produk tapi tetap menonjol dengan nama brand sehingga pelanggan membeli camera di lazada, tidak akan menyebutnya sebagai ‘belanja di toko camera anu’ tapi tetap menyebutnya ‘belanja di lazada’

Tapi itu Lazada, E-Commerce besar. Akankah sama dengan toko online kecil milik Anda?

Maka sangat dianjurkan sekali untuk membangun website toko online berbasis brand store dalam satu kategori saja, artinya meski Anda menjual banyak produk tapi upayakan masih dalam satu kategori produk.

Contohnya menjual busana muslim jadi selain menjual baju muslim, Anda bisa menjual kerudung, baju muslim anak dan lain-lain, yang notabenenya masih masuk ke dalam kategori busana muslim.

Kelebihan website toko online dengan basis brand : Customer tahu semua produk yang Anda jual, artinya mereka tidak akan mencari ke toko lain untuk memerlukan sebuah produk. Bahkan membangun kepercayaan consumen terhadap brand Anda.
Nama / alamat website brand mudah diingat karena cenderung pendek.

Website brand store biasanya memiliki format tools dan fitur yang baik untuk operasional yang sistematis, seperti penandaan pada produk yang out of stock, atau fitur ongkir yang sistematis dan banyak lainnya.

Kekurangan : Proses pembuatan websitenya tidak sederhana; prosesnya seperti ibarat lari maraton, selalu ada yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki.

Tingkat konversi rate yang rendah. Persis yang diungkapkan pakar bahwa berhasilnya sebuah penjualan adalah traffic menjadi conversi, artinya setelah mendapat pengunjung tinggi maka konversikan pengunjung menjadi pembeli, hanya saja website toko online harus pintar-pintar melakukan konvesi dari tampilan dan performa website toko online itu sendiri, tidak sedikit pengunjung yang membatalkan niat membeli di toko Anda karna alasan bingung memilih produk karena Anda tidak membuatnya sistematis pada layout website atau berdasarkan kontent website tersebut.

Demikian konsep dalam membangun website toko online. Jadi, konsep yang mana lebih cocok untuk membuat website toko online Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *